TIPS DAUR ULANG KEMASAN ASEPTIK (TETRA PAK)

Wah senangnya hari ini saya dapat info baru, rupanya kertas bekas atau kemasan susu yang sering kita beli (kemasan dalam bentuk tetra pak) juga bisa didaur ulang dan ada yang menampungnya. Selama ini ide yang ada dipikiran kalau ada kertas tersebut seringnya saya buang karena kondisi kemasan yang mau dibuat kerajinan susah karena agak tebal (mungkin daerah lain ada yang bisa mengemasnya menjadi kerajinan).

Dapat info dari situs greenlifestyle.or.id, tentang tips Bagaimana mendaur ulang kemasan aseptik (Tetra Pak). Nah ini yang akan saya bagi kepada rekan-rekan dalam postingan berikut :

Mungkin hampir semua kita sudah pernah dengar tentang kemasan aseptik? Kemungkinan besar kamu sering pakai kemasan tersebut. Kemasan aseptik, yang dikenal juga dengan "Tetra Pak" adalah kotak minuman yang biasa digunakan, antara lain untuk minuman juice, susu, teh, dll.

Tetra Pak Bekas bisa di daur ulang

Kemasan aseptik merupakan hasil inovasi teknologi. Kotak ini terdiri dari lapisan kertas, aluminium dan plastik yang tidak hanya anti bocor, namun juga bisa melindungi isi kemasan dari ancaman bakteri. Karena kelebihannya ini, banyak produk yang kemudian dikemas dengan menggunakan kemasan aseptik. Alhasil, jumlah total kemasan aseptik yang digunakan di seluruh dunia setiap tahunnya menambah jumlah sampah di perkotaan.

Berita bagusnya. Untuk mengurangi jumlah sampah, kita bisa simpan setiap kemasan aseptik yang telah dipakai untuk didaur ulang. Bagaimana caranya?
  1. Jika kemasan sudah kosong, buka sisi atas/ bawah kemasan (seperti foto di atas). Jika keras, gunakan gunting.
  2. Bisa juga sisi sampingnya digunting hingga bentuk kemasan menjadi menjadi lembaran, untuk memudahkan pencucian.
  3. Cuci bagian dalamnya dengan air agar bersih& tidak berbau/berjamur
  4. Sesudah itu keringkan dengan diangin-anginkan, agar tidak lembab
  5. Untuk yang menggunakan cara no.1, ratakan kotak kemasan dan tutupnya dibiarkan terbuka.
  6. Simpan kemasan tersebut seperti di foto di atas
Lalu mana kamu bisa antar kemasan aseptik untuk didaur ulang? Kunjungi beberapa tempat yang ada, info lengkapnya bisa dilihat di website greenlifestyle.or.id

Posting Komentar untuk "TIPS DAUR ULANG KEMASAN ASEPTIK (TETRA PAK)"