TIPS DAUR ULANG EFEKTIF

Daur Ulang Efektif
Salah satu capaian yang ingin dihasilkan dari aktivitas mendaur ulang adalah untuk menjaga kelestarian lingkungan. Namun, masih ada di antara kita yang belum mengetahui cara bijak untuk melakukannya. Berikut Tips mendaur ulang yang lebih efektif. Dengan menerapkan keenam langkah ini, Anda bisa jadi yang terdepan dalam gerakan ramah lingkungan ini.

Ganti Barang Plastik Lama Anda
Tentu saja, langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mendaur ulang adalah dengan mendaur ulang apa saja yang Anda miliki. Seiring waktu, wadah plastik lama Anda bisa mengeluarkan bahan kimia dan racun yang berbahaya. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyingkirkan semua wadah plastik ini dan menggantinya dengan wadah-wadah yang lebih ramah lingkungan seperti toples kaca yang lebih tahan lama. Selain untuk menyukseskan program daur ulang, langkah ini bisa meningkatkan kualitas kesehatan Anda.

Perbanyak ke Luar Rumah – Lakukan Langkah-Langkah Pencegahan!
Hargai setiap upaya Anda untuk mendaur ulang. Pastikan ketika Anda tidak melakukannya berarti Anda memang tidak menghasilkan sampah atau memiliki sampah untuk didaur ulang. Usahakan untuk lebih efisien dan tidak meninggalkan sampah, terutama ketika Anda sedang berada di alam bebas. Dengan melakukan langkah pencegahan ini Anda akan merasa lebih dekat dan bisa menikmati petualangan Anda di alam!

Beli Botol yang Berkualitas
Jika Anda tertarik untuk membeli air kemasan dalam botol plastik mewah berukuran setengah liter, pertimbangkan lagi. Air yang Anda minum bisa beribu kali lebih mahal dibanding nilai sebenarnya dan Anda akan selalu memerlukan lebih dari sebotol air mewah yang Anda minum itu. Lebih baik Anda membeli satu botol yang berkualitas, yang bisa dipakai ulang! Dalam prinsip daur ulang, mengurangi bisa berarti memberi lebih pada kelestarian alam.

Kelola Sampah Anda (dan juga rekan Anda)
Prinsip yang sama berlaku bagi sampah rumah tangga. Pastikan Anda tidak hanya memiliki satu lokasi pembuangan sampah. Jika Anda memiliki lokasi daur ulang terpisah, pastikan lokasi ini dikenali oleh teman-teman dan juga tetangga Anda. Daur ulang seharusnyalah menjadi hal yang mudah, cepat dan tidak memerlukan pemikiran mendalam. Semakin mudah konsep daur ulang, akan semakin sering orang melakukannya. Beli tempat sampah khusus atau gunakan kotak kertas berukuran kecil untuk mendaur ulang. Selain efektif, bahan-bahan ini juga bisa ramah lingkungan.

Siapkan Tempat Sampah Kemanapun Anda pergi
Kemudahan untuk membuang sampah seharusnya mengikuti Anda kemanapun Anda pergi. Jika Anda sedang melakukan “hiking”, atau sedang mengemudi atau sedang berlatih olah raga atau yang lain, pastikan Anda menyimpan sampah Anda sendiri dengan membawa tempat sampah khusus ke mana saja Anda pergi. Anda bisa meletakkan tempat sampah khusus itu di tas punggung Anda dan membuangnya ketika Anda sudah menemukan lokasi daur ulang. Kosongkan sampah di tas Anda dan Anda bisa melanjutkan apapun aktifitas Anda itu dengan nyaman.

Disiplinkan Diri Anda
Cara terbaik untuk tetap melakukan program daur ulang adalah dengan memberikan hadiah dan hukuman bagi diri Anda sendiri. Hukum diri Anda sendiri jika Anda tidak (lupa) melakukan daur ulang. Anda bisa mengganti waktu daur ulang yang hilang misalnya melakukan daur ulang pada saat waktu senggang Anda. Berikan hadiah yang bisa memotivasi Anda untuk melakukan daur ulang, misalnya dengan meyakinkan hati Anda bila Anda melakukan daur ulang, Anda bisa menjadi bagian dari masa depan yang lebih baik.

Sumber Artikel :  heartline.co.id

Posting Komentar untuk "TIPS DAUR ULANG EFEKTIF"