BANGUNAN BANGUNAN UNIK DARI BAHAN DAUR ULANG

Bangunan pada umumnya dibangun dari bahan material yang mudah didapat di daerah tersebut. Seperti umumnya di Indonesia, bangunan tradisional banyak dibangun dari material kayu karena pada masa dahulu kayu mudah didapat. Seiring perkembangan zaman dan tuntutan kemudahan serta daya tahan maka berkembanglah beragam material yang sekarang banyak digunakan untuk bahan bangunan seperti batako, rangka baja dan lain-lain.

Meskipun sudah tersedia beragam bahan material yang cukup mudah didapat, bangunan-bangunan berikut ini memberikan inspirasi yang cukup baik dan unik dimana bangunan dibangun dengan material bekas namun menghasilkan bangunan yang unik dan menjadi daya tarik tersendiri. Berikut ini adalah contoh penerapan bahan bangunan dari sampah untuk bangunan yang termasuk

Bangunan dari Botol dan Kaleng Bekas
 
Botol dan kaleng yang dibuang bisa menjadi material bangunan rumah. Kaleng tomat diratakan dan diubah menjadi ubin eksterior pelindung di rumah gunung di Patagonia, dan satu juta botol bir coklat dan hijau dibentuk menjadi sebuah kuil Buddha di Thailand. . Kaleng dipotong dan diterapkan pada hampir setiap permukaan, digunakan sebagai dinding, trim dekoratif dan pagar. Botol plastik yang digunakan untuk membangun sekolah di San Pablo, Filipina, menghasilkan struktur yang tiga kali lebih kuat dari beton. Di Indonesia, kediaman aristek Ridwan Kamil terbuat dari botol yang desainnya menarik dan elegan.

Bangunan dari Kontainer Bekas
 
Kompak, dapat disusun dan mudah ditemukan di seluruh dunia, kontainer merupakan bahan yang ideal untuk membangun rumah dan bangunan lainnya. Kontainer ditinggalkan di galangan kapal setelah digunakan dalam jangka pendek 5 tahun, dan bahan ini dapat dirubah ke bangunan, rumah-rumah kecil dan besar.

Bangunan dari Ban Bekas
 
Ban adalah komponen bangunan utama rumah ekologis yang dikenal sebagai ‘earthships’. Rumah-rumah ini umum ditemukan di padang pasir Amerika Serikat, juga ideal sebagai perumahan murah di negara-negara dunia ketiga. Ketersediaan ban berlimpah dan, bila dikemas dengan lumpur, menyediakan massa termal untuk mengatur suhu internal gedung. Ban juga sering diplester dengan campuran lumpur. Dibawah ini merupakan sebuah sekolah di konstruksi di Guatemala, yang kedua menggambarkan dinding di earthship Virginia. Gambar ketiga menggambarkan bagaimana ban telah digunakan untuk membuat kuat, rumah murah di dilanda gempa Haiti.

Bangunan dari Palet Kayu Bekas
 
Tahukah Anda bahwa palet pengiriman sering terbuat dari kayu? Setelah digunakan untuk mengangkut beban berat, palet ini dibuang, tetapi kayu ini bisa digunakan untuk material bangunan rumah. Di Curacavi, Chili, rumah modern besar cladding-nya terbuat dari palet dicat putih, yang menyediakan pendinginan alami dan ventilasi, dan memasukkan cahaya. Palet yang tidak dirubah bahkan bisa digunakan sebagai bahan cepat dan murah untuk perumahan ketika terjadi bencana, digunakan untuk segala sesuatu dari dek depan ke dalam furnitur. Modular Paletten Haus, dirancang oleh dua mahasiswa dari Universitas Wina untuk kompetisi arsitektur berkelanjutan, modular dan hemat energi, para siswa mengerjakan dengan desain yang sama namun lebih kecil dengan  biaya hanya $ 11 per meter persegi.

Bangunan dari Kayu Bekas Reklamasi
 
Kayu reklamasi dari berbagai sumber, termasuk kayu yang digunakan untuk struktur yang dihancurkan dapat menambahkan karakter dan rasa sejarah ke rumah, apakah itu digunakan sebagai aksen di antara bahan yang lebih modern atau sebagai acara utama. ‘Treehouse of Hyeres’, kiri atas, terbuat dari kayu dan benda-benda yang ditemukan dan jelas gaya pedesaan, kayu reklamasi masih mempertahankan berbagai nuansa warna dan cat. Kayu reklamasi membentuk struktur inti dari sebuah rumah yang difinishing dengan efek pucat dan kayu baru untuk kontras yang indah. Rumah ketiga, juga terbuat dari kayu baru dan bekas campuran dan mendapatkan efek yang sama.

Bangunan dari Batu Bekas Reklamasi
 
Batu tulis dari bangunan tidak lagi digunakan direklamasi untuk atap dan fasad utara Ty Pren tinggal di Wales Selatan (atas). Sebuah runtuh villa batu di Portugal dibangun kembali, blok batu waktu yang dikenakan disandingkan dengan kayu yang baru dan kaca untuk tampilan modern, di negara villa mewah konversi oleh Manuel Ribeiro. Kelebihan bahan batu dapat diukir kembali ke batu bata baru. Arsitek Inggris John Pawson menggunakan batu reklamasi untuk membuat The House of Stone di Milan, nampak seperti baru.

Sekian postingan tentang Bangunan Bangunan Unik Dari Bahan Daur Ulang semoga mampu membawa pencerahan bagi kita semua

Sumber Artikel : webecoist.momtastic.com dan lingkungan.net

Posting Komentar untuk "BANGUNAN BANGUNAN UNIK DARI BAHAN DAUR ULANG"