MEMBUAT KERTAS DAUR ULANG SENDIRI


Berurusan dengan sampah bukanlah hal menjijikan. Justru bisa menjadi kegiatan menyenangkan ketika anda bisa berkreasi. Ambil contoh limbah kertas, selama ini sampah kertas hanya digunakan untuk sumbu membakar sampah padahal bisa lebih dari itu. Sampah kertas bisa menjadi kertas kembali dengan tampilan lebih unik.Tentu sesuai kreasi anda

Caranya cukup mudah, yang anda butuhkan hanyalah dua buah penyaring kertas, baskom,blender,triplek atau papan kayu, kertas dan papan kayu kecil.

Cetakan kertas dapat dibuat sendiri dengan mudah. Buat seperti bingkai dengan ukuran kertas yang akan dibuat lalu tambahkan filter dengan menggunakan kain katun,posisinya persis penyaring pasir yang sering anda lihat.

Kemudian,siapkan bahan dasar kertas sesuai dengan kebutuhan.Sobek kertas menjadi bagian kecil lalu taruh dalam baskom kemudian rendam. Untuk memadatkan bisa diberikan tepung kanji dengan perbandingan 2:1.

Selesai dicampur, rendam beberapa saat, peras layaknya cucian kemudian masukan blender. Untuk memecah kertas menjadi bagian halus, rendaman kertas tadi diblender sebanyak 10 kali.

Usai diblender, masukan kembali ke baskom tanpa air. Setelah itu masukan cetakan kertas berupa saringan layaknya penambang emas yang menyaring pasir-pasir ditepian sungai. Setelah diangkat maka tempelkan cetakan kertas bagian lain dibaliknya. Gosoklah dengan menggunakan semacam papan kayu kecil hingga kandungan air yang ada hilang. Setelah itu, cetakan yang berada diatas diangkat, kemudian ditutup dengan triplek. kemudian balik bagian yang ditutup triplek sehingga membentuk semacam kertas.Lalu keringkan ditempat yang panas, hingga kering benar. Maka jadilah, kertas daur ulang kreasi anda.

Jika anda ingin menambahkan warna, bisa menggunakan pewarna buatan yang berada ditoko-toko kue. Namun, jika anda ingin memberikan warna dengan bahan alami maka gunakan bahan-bahan sebagai berikut,

jika menginginkan warna kuning, maka gunakan kunyit yang diparut kemudian di disaring menggunakan kain. Lantas campurkan dengan rendaman kertas yang akan diblender.

Kalau menginginkan warna biru menggunakan daun pandan, warna hitam menggunakan daun gambir, pacar cina gunakan merah muda dan nila bisa digunakan untuk memberi warna biru. Semuanya dilakukan dengan cara yang sama diparut dan saring.

Kebersihan berawal kepedulian diri,ingin menjadi bagian dari masyarakat yang peduli lingkungan maka tak ada salahnya untuk mencoba. Selain itu, jika anda menginginkan, kreasi yang anda buat bisa menjadi penghasilan tambahan.

Sumber Artikel : Republika.co.id

Posting Komentar untuk "MEMBUAT KERTAS DAUR ULANG SENDIRI"