LIMBAH JERAMI SEBAGAI MEDIA BUDI DAYA JAMUR TIRAM PUTIH

Jerami Padi
Ketika musim panen padi tiba, muncul limbah berupa jerami. Batang padi yang mengering ini biasanya hanya ditumpuk di pinggir sawah setelah dipisahkan dengan biji padinya. Menurut data BPS tahun 2006, jerami padi memang merupakan limbah pertanian terbesar di Indonesia. Kadang, para petani memusnahkan jerami ini dengan cara dibakar. Ini tentu saja dapat menimbulkan polusi udara. Sebenarnya, kita bisa memanfaatkan limbah jerami ini menjadi produk yang bermanfaat.

Umumnya, substrat yang digunakan dalam budi daya jamur tiram adalah serbuk kayu. Jika serbuk kayu sulit diperoleh, kita bisa memanfaatkan limbah jerami ini sebagai media budi daya jamur tersebut.

Tahapan Pembuatan Limbah Jerami untuk media Budi Daya Jamur:
  1. Jerami dicacah 2-3 sentimeter, lalu dimasukkan ke karung dan direndam dalam air.
  2. Selanjutnya, karung ditiriskan dan dimasukkan ke dalam kantong plastik PP tahan panas berukuran 20 x 30 sentimeter sampai cukup padat sehingga beratnya sekitar 1 kilogram.
  3. Kantong plastik berisi substrat tanam ditegakkan dengan bagian kantong plastik yang terbuka menghadap ke atas.
  4. Lalu, bag log dibiarkan selama 24 jam dalam keadaan mulut terbuka.
  5. Setelah itu, kantong plastik dipasangi cincin yang terbuat dari pipa paralon berdiameter 2,5 sentimeter dan ditutup dengan potongan kapas serta diikat dengan karet gelang sehingga menjadi bag log.
  6. Bag log disterilisasi di dalam drum pengukus selama 8 jam, lalu didinginkan selama 24 jam.
  7. Bag log diinokulasi secara aseptis dengan memasukkan bibit jamur sebanyak tiga sendok lalu ditutup dengan kapas dan plastik kecil yang sudah diberi ring.
  8. Bag log yang sudah diinokulasi selanjutnya diinkubasi selama 20-50 hari dengan suhu 22-28 derajat Celsius.
  9. Jika seluruh permukaan bag log sudah rata ditumbuhi miselium, dilakukan pemeliharaan di rumah jamur.
  10. Panen badan buah jamur dilakukan 3-4 hari setelah munculnya tunas. Hasil berat panen per bag log sebanyak 81-90 gram.
Sumber Artikel : sobatbumi.com

Posting Komentar untuk "LIMBAH JERAMI SEBAGAI MEDIA BUDI DAYA JAMUR TIRAM PUTIH"