TIPS PEMANFAATAN KULIT PISANG DAN KULIT DURIAN MENJADI ENERGI LISTRIK

Hampir semua kita yang tinggal dan hidup di Indonesia pasti mengenal pisang dan durian. Dua jenis buah yang namanya sangat familiar di telinga dan mulut kita karena hampir semua orang menyukai buah ini. Semakin tinggi minat orang akan dua buah ini sehingga semakin tinggi pula penambahan jumlah kuantiti sampah di lingkungan kita. Bahkan bila musim durian tiba, dipinggir jalan terutama yang dekat pasar berserakan kulit durian yang kadang membuat kita celaka karena terinjak.


Semalam ketemu thread yang diposting disalah satu forum Indonesia yang membahas tentang pemanfaatan dari limbah sampah kulit kedua buah tersebut, yang justru bisa sangat bermanfaat bagi kehidupan kita, salah satunya tertuju pada pemanfaatan perpaduan kulit pisang dan kulit durian dijadikan sumber energi listrik.

Fakta yang tidak kita ketahui dari kulit pisang dan kulit durian, rupanya kulit pisang dan kulit durian mengandung unsur-unsur kimia dari sumber listrik seperti natrium, kalium, dan magnesium.

Lantas bagaimana cara pembuatan kulit pisang dan kulit durian menjadi energi listrik, mari simak ulasan berikut yang saya ambil dari postingan tersebut :

Alat-alat yang dibutuhkan :
•    Tang
•    Batu Baterai yang sudah tidak terpakai
•    Obeng
•    Pisau
•    Avometer
•    Lampu Led
•    Kabel
•    Blender
•    Kulit Pisang atau Kulit Durian

Cara Pembuatannya
  1. Baterai yang sudah mati tadi lepas bagian pembungkus yang bermerk (kulit luarnya).
  2. Lepas penutup atasnya dan buang bubuk arang yang ada di dalamnya, tapi biarkan arang karbon yang ada di tengah.
  3. Iris kecil-kecil kulit pisang (atau kulit durian, tergantung mana yang mau dipakai) kemudian diblender sampai halus
  4. Masukkan adonan tadi ke dalam selongsong baterai tadi, padatkan dengan obeng
  5. Sekarang tutup kembali baterainya dan di segel kembali.
Untuk lebih detailnya lihat gambar berikut :


Untuk mengetahui energi listrik yang dihasilkan dai kulit pisang dan kulit durian tadi, kita bisa menggunakan avometer yang sudah disediakan. Hasil yang di dapatkan bahwa kulit pisang menghasilkan tegangan sebesar 1,3 volt, sedangkan kulit durian menghasilkan tegangan sebesar 1,5 volt. Yang harus di perhatikan adalah kadar air, kandungan kalsium, natrium dan magnesium yang terdapat di dalam kulit pisang maupun kulit durian tersebut. Semakin bagus kandungan tersebut, makin bagus pula sumber listrik yang di hasilkan.

Sumber artikel dan bagan : http://www.kaskus.co.id/

0 Response to "TIPS PEMANFAATAN KULIT PISANG DAN KULIT DURIAN MENJADI ENERGI LISTRIK"

Poskan Komentar