LIMBAH KULIT SINGKONG SEBAGAI PUPUK DAN OBAT CACING


Sampah menjadi masalah lingkungan yang dipandang sebagai buangan yang tidak bermanfaat, yang setiap hari terus meningkat yang tidak sebanding dengan proses pengolahan yang kurang optimal.Sampah yang diolah untuk dipilah menjadi dua bagian yakni organik dan anorganik.Sampah organik diolah untuk dijadikan kompos namun Kenyataan masih lemahnya pemanfaatan yang optimal .Sampah Kulit ubi kayu/singkong termasuk dalam kategori sampah organik, karena sampah ini dapat terdegradasi (membusuk/hancur) secara alami.Kulit ubi kayu/singkong sering dianggap remeh dan menjadi limbah rumah tangga padahal ada banyak manfaat yang didapat dari kulit singkong.

Singkong merupakan umbi atau akar pohon yang panjang dengan fisik rata-rata bergaris tengah 2-3 cm dan panjang 50-80 cm,tergantung dari jenis singkong yang ditenam.Daging umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan. Umbi singkong merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat miskin protein. Sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionin. 

Nah,kalau daun dan isinya begitu bermanfaat dan sangat bernutrisi tinggi untuk kita bagaimanakah dengan kulitnya? Apakah kulit singkong hanya sebagai limbah/sampah dari singkong? Hal ini sering kali disepelekan oleh sebagian besar orang,namun ternyata selain dianggap sebagai limbah dari tanaman singkong,kulit singkong memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi yang dapat digunakan sebagai sumber bagi ternak.

CARA PENGOLAHAN

1.Untuk Pupuk
Sisa kulit singkong dicacah kecil-kecil, diletakkan di dalam kotak kayu yang diberi air gula merah, disiram diatasnya, lalu tunggu beberapa hari tanpa terkena sinar matahari. Setelah beberapa hari (±2 minggu), disaring dengan adukan pasir,dan yang halus itulah yang dijadikan pupuk.

2.Untuk Obat cacing
Diperlukan 60 gr kulit batang singkong dan 30 gr daun ketepeng cina direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Lalu disaring dan diminum airnya menjelang tidur.Lakukan teratur setiap hari hingga sembuh.

Sumber : onlinebuku.com

1 komentar untuk "LIMBAH KULIT SINGKONG SEBAGAI PUPUK DAN OBAT CACING"

  1. salam sukses selalu
    dan makasih atas informasi yang sudah disampaikan

    BalasHapus